Sosok Bulan Churniati, Pemenang Penghargaan Favorit Pemilihan Mahasiswa Berprestasi UGM 2024

Prodi Sastra Inggris di Jogja | Pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi UGM 2024, Bulan Churniati, mahasiswi Sastra Inggris UGM angkatan 2021, menerima penghargaan Juara Favorit. Bulan sebelumnya telah mencapai banyak prestasi sebelum mengikuti kompetisi ini. Di antaranya adalah Juara 1 Digital Entrepreneurship Hackathon 2023 yang diadakan oleh UNESCO UNITWIN di Korea Selatan, Juara 3 Publicly Digital Legal Innovation Competition tingkat nasional yang diadakan oleh Oleco, dan duta Millenial KAMI Foundation x Tjorak Sorai pada tahun 2023.

Bulan adalah seorang mahasiswi yang memiliki tekad kuat untuk selalu melakukan yang terbaik. Tekad kuat ini berasal dari keinginan kuatnya untuk berkontribusi pada upaya pemberdayaan perempuan.

"Wong wedok ora usah melu-melu," yang berarti wanita tidak perlu mengikuti. Selama ini, ucapan melengking itu masih melekat di pikiran dan hati saya. Mungkin sudah jelas dari sini bahwa inilah yang mendorong saya untuk berpartisipasi dalam kegiatan bergengsi dan membuat saya terkenal di sana. Saya ingin wanita lain melakukan hal yang sama, menunjukkan bahwa ada kesempatan dan akses. Namun, saya ingin menjadi salah satu dari banyak wanita yang berjuang, bukan satu-satunya. Bulan menjawab pertanyaan tentang alasan dia berpartisipasi dalam program Mahasiswa Berprestasi UGM.

Proses persiapan untuk kompetisi Mahasiswa Berprestasi ini memakan waktu berbulan-bulan. Bulan harus menyiapkan tiga persyaratan untuk seleksi berkas. Pertama, dia harus memiliki sertifikat Bahasa Inggris yang sudah dimiliki sebelumnya. Peserta yang tidak memiliki akan diberikan kesempatan untuk mengikuti tes AcEPT setelah lolos seleksi. Kedua, capaian unggulan (CU) mencakup pengakuan, penghargaan, prestasi kejuaraan, pekerjaan organisasi, hasil karya, pengabdian masyarakat, dan kewirausahaan. Disarankan untuk memilih yang terbaik karena total hanya sepuluh CU. Ketiga, ide kreatif (GK). Bulan mengambil judul "In-Eksklusif: Program Peningkatan Kesempatan Eksklusif untuk Pelaku Ekonomi Inklusif" untuk acara tersebut, karena Bulan memiliki latar belakang IT dan pandangan humanioranya tentang lingkungan.

Selama seleksi tingkat fakultas, peserta akan melakukan presentasi dan tanya jawab selama 30 menit. Satu Mahasiswa Berprestasi Utama akan dipilih untuk mewakili fakultas pada acara Supercamp dengan memberikan presentasi CU dan GK. Tiga pemenang akan dipilih: juara sarjana, diploma, dan favorit.

"Kita harus belajar lapang dada terlebih dahulu sebelum memasuki sebuah kompetisi. Pastikan pengalaman kamu sudah memadai," kata Bulan tentang pengalaman berharga yang dia kumpulkan selama pemilihan mahasiswa berprestasi ini.

Bulan kembali fokus pada tugas akhirnya setelah mendapatkan Penghargaan Favorit Mahasiswa Berprestasi UGM. Dia juga terus mengikuti kompetisi dan kegiatan positif lainnya. Bulan mengatakan dia ingin mencoba mengikuti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi jika dia belum lulus tahun depan. Dia juga mengatakan apa yang akan dia lakukan setelah mendapatkan penghargaan Mahasiswa Berprestasi ini. "Bagi teman-teman, jangan takut untuk mencoba, ya!" Bulan juga mendorong mahasiswa FIB untuk berpartisipasi dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi. Jika dibandingkan dengan fakultas lainnya, peminat FIB sangat sedikit. Bersiaplah dari awal tahun karena waktu pendaftaran sangat singkat. Selalu rendah hati karena Mapres hanyalah wakil atau perwakilan daripada mahasiswa dengan posisi tertinggi. 

Sumber:
https://fib.ugm.ac.id/2024/04/sosok-bulan-churniati-pemenang-penghargaan-favorit-pemilihan-mahasiswa-berprestasi-ugm-2024.html
Lebih baru Lebih lama