Sekolah Vokasi UGM Gelar Workshop Strategi Pencapaian Target Pemberitaan SDGs


Workshop di Jogja | Pada Kamis, 7 Februari, Sekolah Vokasi UGM menyelenggarakan Workshop Pencapaian Tujuan Pemberitaan SDGs SV UGM Tahun 2024 di ruang 201 Gedung Teaching Industry Learning Center (TILC). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu mencapai tujuan penulisan berita yang mengandung Sustainable Development Goals (SGDs).

Prof. Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono, IPM., ASEAN Eng., Dekan Sekolah Vokasi UGM, Dr. Endang Soelistyowati, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Alumni Sekolah Vokasi UGM, Erlin Estiana Yuanti, S.S., M.A., Manajer Unit Hubungan Masyarakat dan TI dan Komunikasi Sekolah Vokasi UGM, dan perwakilan dari perguruan tinggi lain hadir secara langsung di workshop tersebut.

Prof. Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono, IPM, dan ASEAN Engineer, Dekan Sekolah Vokasi UGM, menyampaikan sambutan pada kegiatan workshop tentang pencapaian target pemberitaan SDGs. Dekan Sekolah Vokasi UGM menegaskan bahwa humas sekarang dipandang bukan hanya sebagai hubungan masyarakat, tetapi sebagai cucuk lampah dan frontliner dari SV UGM. “Sekecil apapun perkembangan kegiatan yang dilakukan di Sekolah Vokasi UGM harus dipublikasikan, hal ini dilakukan untuk menginspirasi khalayak umum,” katanya.

Kegiatan—Menurut Dr. Endang Soelistyowati, M.Pd., kegiatan yang dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) juga dapat dijadikan berita. Kegiatan seperti sosialisasi untuk mencegah stunting dan bantuan untuk memberikan pakan ternak kiranya sangat menarik untuk dijadikan berita.

Sebagai narasumber, Erlin Estiana Yuanti, SS, MA, menyatakan bahwa rilis berita dibuat dengan tujuan mempromosikan citra positif dan memberi tahu masyarakat tentang peristiwa secara objektif. Selain itu, tujuan dari penerbitan berita adalah untuk mendorong tercapainya target SDG sehingga UGM dapat membantu meningkatkan peringkatnya dalam THE Impact Ranking 2024.

Seorang narasumber, Erlin Estiana Yuanti, mengatakan, "Untuk mendukung pencapaian target pemberitaan SDGs perlu dilakukan beberapa strategi, yaitu topik berita, sumber dan penulis berita, penulisan berita, dan monitoring pemberitaan SDGs. Dalam penulisan berita, dapat memanfaatkan dukungan infrastruktur Information Communication and Telecommunication (ICT) yaitu kecerdasan buatan (AI), seperti Chat GPT."

Kegiatan workshop bertujuan untuk mencapai tujuan pemberitaan dan memberikan kesempatan untuk belajar dan berbagi pengetahuan tentang penulisan berita. Dengan diadakannya workshop ini, mahasiswa Sekolah Vokasi UGM juga dapat berpartisipasi dalam pemberian SDGs. Harapan dengan diadakannya workshop ini adalah tercapainya target artikel SDG sebanyak 1150 artikel pada tahun 2024 dan UGM dapat meningkatkan peringkatnya di THE Impact Ranking 2024. 

Sumber:
https://sv.ugm.ac.id/2024/03/08/sekolah-vokasi-ugm-gelar-workshop-strategi-pencapaian-target-pemberitaan-sdgs/
Lebih baru Lebih lama